Minggu, 22 Maret 2015

CiriCiri Orangtua yang Durhaka Kepada anak


Bismillahir-Rahmaanir-Rahim ... Alhamdulillah,“kebetulan” saat memindahkan buku-buku dari kardus ke lemari pinjaman kakek semang pemilik rumah, ketemu dengan buku yang selama ini nyelip tak tentu rimbanya ini ...

Semoga menjadi ibrah buat kita sebagai orangtua, menjadi obat sebagai penawar hati gelisah bagi anak-anak yang terlajur di cap durhaka secara sepihak oleh orang tua dan menjadi muhasabah untuk saya pribadi sebagai orang tua ... 

Di beberapa bagian, diterangkan bagaimana sebaiknya sikap orang tua yang terlanjur berdosa terhadap anaknya dan juga sikap anak terhadap orangtua yang melakukan “dosa” terhadap dirinya. 

Intinya semua kembali ke jalan Allah, dan memaafkan itu adalah utama, kesabaran dan keihklasan menjadi pegangan dalam memperbaiki hidup dan sebisa mungkin mengajak orang tua kembali pada Allah .... selamat menikmati dan merenunginya .. :

Sebagai muslim, kita bertekad untuk menjadi orangtua yang Islamnya kaffah (sempurna). Karena itu apapun ajaran Islam yang bersangkut paut dengan hal yang tidak boleh atau dosa dilakukan oleh orangtua kepada anak, samasekali kita jauhi. 

Kita tidak boleh terperangkap pada tradisi atau penilaian masyarakat yang telah menjadi lumrah bahwa apapun yang dilakukan orang tua kepada anaknya, tidaklah ada yang dapat dianggap sebagai dosa orangtua kepada anak. 

Anggapan semacam ini membuahkan perilaku-perilaku permusuhan orangtua dengan anaknya atau sebaliknya. Untuk mencegah hal yang tidak baik inilah, kita kembalikan segala ketentuan dalam hubugan orang tua dengan anak pada sumber peraturan Allah dan Rasulnya supaya hidup kita menjadi bahagia sentosa di dunia dan di akhirat.

Buku 20 Perilaku Durhaka ORANGTUA Terhadap Anak ini mengupas maslah tersebut berdasarkan nash-nash al qur’an dan sunnah Rasulullah saw.

Walaupun judul ini terasa sangat tidak sedap dibaca maupun didengar oleh telinga kita, akan tetapi, demi menyampaikan kebenaran yang tidak boleh ditutup-tutupi, penerbit sengaja menerbitkan buku ini dengan harapan akan terjalin hubungan baik antara anak dengan orangtua dan tercipta anak-anak yang shalih. Semoga Allah swt meridhai.

20 perilaku durhaka ORANGTUA terhadap anak: ...

1. Salah memilihkan calon ibu/ayah ...

2. Menafkahi anak dari hasil yang haram ...

Membina dan menumbuhkan jiwa keagamaan pada anak-anak atau manusia pada umumnya sangat berkaitan erat dengan makanan dan minuman yang masuk ke dalam rongga perutnya.

3. Mengajak anak pada kemusrikan ...

4. Merintangi anak beragama dengan benar ...

Salah satu sebab orang tua merintangi anaknya untuk beragama dengan benar adalah karena orangtua tidak tahu sama sekali apa sebenarnya agama Islam yang murni, sebab selama ini dia hanya beragama Islam berdasarkan keturunan dan adat istiadat yang ditemuinya ditengah masyarakat. 

Karena itu, ketika dia mengetahui anaknya melakukan hal-hal yang selalu berlawanan dengan apa yang diketahuinya selama ini, dia merasa ditantang oleh anaknya mengenai cara dia beragama dan pengetahuannya tentang agama yang tidak benar itu.

Ada pula orang tua yang menganggap Islam hanyalah urusan masjid dan surau, sedangkan aspek kehidupan lainnya tidak ada hubungannya dengan Islam. Menurut mereka kenikmatan dunia ini tidak dapat diraih dan direngkuh berdasarkan lapangan hidup Islam.

5. Menelantarkan nafkah anak ...

6. Menelantarkan pendidikan agama anak ..

7. Menempatkan anak dilingkungan yang rusak ...

Yang dimaksud lingkungan yang rusak secara Islam ialah lingkungan yang membuat anak jauh dari agama Islam dan berperilaku bertentangan dengan Islam.

8. Memaksakan anak menikah dengan orang yang tidak disukai ...

9. Merintangi anak menikah ...

10. Memperlakukan anak tidak adil ...

11. Membiasakan hal-hal buruk kepada anak ...

12. Menyerahkan asuhan anak kepada non muslim ...

13. Membebani anak dengan tugas-tugas di luar kemampuannya ..

14. Menghilangkan hak waris anak ...

15. Melahirkan anak diluar nikah ...

16. Membiasakan anak boros ...

17. Menciptakan suasana maksiat di lingkungan rumah ...

18. Memberikan nama yang buruk kepada anak ..

19. Tidak mengakui sebagai anaknya ..


20. Membunuh anaknya ...

itulah beberapa ciri orangtua yang durhaka kepada anaknya, semoga si pembaca dan saya sendiri selalu istiqomah dalam menjalankan perintah Alloh Subhaanahu Wata'aala. AAMIIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar